Solidaritas Mahasiswa Peringati Hari Perempuan Internasional

0
181

Palu, Scientia—Sejumlah mahasiswa yang tergabung didalam Solidaritas Perempuan Untuk Rakyat menggelar aksi di Bundaran titik nol Kota Palu, Jln. Hasanuddin hari ini, Senin (09/03). Aksi dalam rangka memperingati hari perempuan internasional tersebut juga di hadiri perwakilan perempuan penyintas di Kota Palu.

Dalam orasinya, kordinator lapangan aksi Gifari mengatakan, bahwa hingga saat ini pemerintah belum merespon kasus kekerasan dan pelecehan seksual di Indonesia. Ditambah lagi rencana hukum yang dibuat oleh pemerintah terkait RUU Ketahanan Keluarga dinilai akan memperpanjang diskriminasi terhadap kaum perempuan.

“Kami mengharapkan kepada pemerintah agar segera menyelesaikan masalah isu perempuan. Seperti kekerasan dan pelecehan seksul. Selama ini, pemerintah justru membiarkan angka kekerasan dan pelecehan seksual terus meningkat tanpa adanya keseriusan dalam menangani kasus tersebut,” Kata Gifari.

Selain itu massa aksi juga menyampaikan aspirasi mereka agar Pemerintah Indonesia segera mensahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual yang dinilai sangat pro terhadap perempuan. Mereka menolak RUU Ketahanan Keluarga, menolak RUU Omnibus Law, Mewujudkan Kampus bebas dari kekerasan seksual, Cabut SK DO terhadap mahasiswa UNKHAIR, dan berikan hak kepada korban bencana alam.

Dalam aksi tersebut, mereka juga bersolidaritas terhadap buruh PT. AICE yang sedang berjuang untuk memperoleh hak-hak yang layak sebagai pekerja dan kesejahteraan buruh.

Salah satu perwakilan korban bencana dan juga perempuan penyintas, Sritini Haris mengatakan bahwa hingga kini dirinya selaku korban belum memperoleh haknya sebagai penyintas. Dia berharap agar pemerintah memperdulikan nasib mereka yang masih tinggal di Huntara.

“Kami masih memperjuangkan hak kami sebagai penyintas dan kami terus mendesak agar Pemerintah segera menunaikan hak-hak kami masyarakat korban bencana.” Ujar Sritini.

menjelang Maghrib massa aksi langsung diarahkan untuk membubarkan diri masing-masing. RFL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here